4 Alasan Mengapa Pemasaran Online Menjadi Strategi Pemasaran Yang Populer

Dewasa ini segala hal yang berbau online mengalami peningkatan popularitas yang cukup signifikan. Dimulai dari maraknya penyebaran covid-19 yang menjadi pandemi sehingga mengharuskan warga Indonesia untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dan tatap muka. Untuk mengatasi hal ini pemerintah Indonesia juga pemerintah luar negri melakukan alternatif yaitu daring. Dari atau yang biasa disebut dengan online menjadi alternatif utama dalam melakukan berbagai kegiatan seperti work from home, school from home, bahkan sekarang sudah ada online event management untuk membantu anda mengadakan acara secara online. Perkumpulan penting pun juga banyak yang di laksanakan melalui platform onlne seperti Zoom, Google Meet dan lain sebagainya.

Selain kegiatan yang sudah dilaksanakan melalui daring, pemasaran yang dilakukan oleh banyak wirausahawan dan perusahaan juga semakin populer. Kegiatan pemasaran seperti penawaran brosur, promosi door to door, dan melakukan gathering calon pembeli sekarang tidak dapat di lakukan. Maka dari itu melakukan hampir semua kegiatan itu secara online menjadi solusi utamanya. Selain itu ini dia beberapa alasan kenapa orang-orang lebih memilih pemasaran online dibandingkan offline atau konvensional.

Pemasaran Online

Pemasaran Online

  1. Menjangkau Lebih Banyak Orang

Mempromosikan event, agenda atau produk tertentu melalui sosial media atau website dapat menjangkau lebih banyak orang karena mereka dengan mudah dapat mengakses materi iklan anda dari smartphone dan laptop mereka. Selain itu, apabila anda melakukan promosi yang terikat di lokasi tertentu, tentunya anda hanya akan dapat menjangkau orang di lokasi tersebut.

  1. Budget Lebih Efisien

Budget yang digunakan untuk promosi secara online tentunya akan sangat hemat dibandingkan dengan cara konvensional. Sebagai contoh anda harus membuat design kemudian mencetak sejumlah brosur yang nantinya akan di bagikan ke orang-orang di lokasi tertentu. Dengan brosur online anda hanya perlu membuat designnya saja kemudian anda pasang di media sosial atau website anda, selain itu anda juga dapat membagikannya melalui chat pribadi yang tentunya ini akan sangat menghemat biaya cetak.

  1. Dapat Di Akses Selama 24 Jam

Apabila anda membuat postingan promosi di salah satu media sosial atau website yang anda miliki, muatan konten yang anda bagikan dapat di akses penuh 24 jam selama anda tidak menghapus iklan anda. Apabila anda melakukan promosi di toko atau lapak anda, iklan anda akan berakhir pada saat anda menutup toko.

  1. Dapat Memiliki Toko Virtual

Pedagang biasanya memiliki toko untuk memajang etalase dan stok produk yang mereka miliki agar pelanggan dapat melihat-lihat, bertanya hingga membelinya. Dalam dunia online anda juga dapat membuat toko virtual yang digunakan sebagai memajang produk sehingga calon pembeli dapat melihat-lihat dahulu sebelum membeli, toko tersebut bernama “website”. Ya website dapat digunakan sebagai toko anda sendiri yang memiliki fungsi sama persis dengan toko fisik. Selain itu toko online juga dapat diakses oleh hampir semua orang di dunia dan tidak memiliki jam tutup alias 24 jam non-stop. Biaya pembuatan website pun beragam yang pasti jauh lebih murah daripada toko fisik.

Pemasaran online erat kaitannya dengan desain grafis, maka dari itu banyak orang yang menyediakan jasa desain grafis seperti graphic design Jakarta untuk membantu anda dalam menyediakan segala kebutuhan pemasaran online anda. Selain itu walaupun anda melakukan pemasaran secara online akan tetapi hal seperti sticker, brosur, spanduk dan lain sebagainya pasti masih di butuhkan maka dari itu anda juga harus bekerja sama dengan percetakan seperti percetakan di Bekasi barat untuk menyediakan segala kebutuhan anda.

Category: BisnisTags:
author