6 Poin yang Harus Anda Perhatikan di Hari Pertama Bekerj

0 33

Memasuki dunia pekerjaan untuk pertama kalinya tentu merupakan hal baru yang pasti dialami oleh semua orang. Setelah berhasil mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan, baik melalui perusahaan outsourcing alih daya karyawan atau dengan apply dan interview langsung, biasanya kebanyakan orang akan melakukan beberapa persiapan sebelum bekerja. Persiapan ini bisa dilakukan mulai dari seminggu sebelumnya atau bahkan bisa dilakukan sebelum datang ke kantor.

Hari Pertama Bekerja

Hari Pertama Bekerja

Tapi Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mengurangi rasa nervous pada hari pertama bekerja. Kali ini, kami telah merangkum 5 tips agar Anda dapat melewatkan hari pertama kerja dengan sukses!

 

Jangan Terlambat

Kesan pertama sangat bergantung pada tepat atau tidaknya Anda tiba di kantor. Meskipun Anda sering telat saat masuk kuliah, jangan terapkan kebiasaan ini saat sudah bekerja. Usahakan untuk datang tepat waktu atau bahkan sebelum atasan Anda datang ke kantor. Datang tepat waktu akan menunjukkan semangat kerja yang Anda miliki.

 

Antusias

Jangan harap Anda mendapat kesan yang baik kalau di hari pertama kerja Anda terlihat lemah, lesu atau gak bergairah. Tunjukanlah semangat Anda yang membara saat bekerja di hari pertama. Tunjukan pula sikap antusias Anda kepada atasan dan rekan kerja sekantor dengan tulus dan ikhlas tanpa dibuat-buat.

 

Meninjau Lingkungan Area

Tips selanjutnya adalah meninjau lingkungan tempat kerja Anda. Peninjauan ini dapat Anda lakukan dengan beberapa cara, yaitu:

  • Melihat situasi karyawan lain bekerja
  • Mengidentifikasi seluruh ruangan gedung
  • Melihat bagian luar gedung

Jika perlu, bertanyalah pada satu atau dua karyawan di sana untuk menjelaskan prosedur keselamatan atau hal lain terkait pekerjaan di tempat tersebut. Dengan cara tersebut, Anda akan mendapat gambaran seperti apa suasana kerja yang akan Anda alami ke depannya.

 

Bersikap Ramah

Bersikap ramah adalah salah satu cara terbaik untuk membuat kesan yang baik. Ketika peluang muncul untuk berdiskusi dengan teman kantor, dengarkanlah. Mereka mungkin akan bertanya mengenai diri Anda dan pastikan juga Anda melakukan hal yang sebaliknya. Siapkan percakapan 40 detik percakapan di elevator.

Jangan lupa untuk mengingat apa pekerjaan mereka dan apa yang mereka sukai? Ajukan juga pertanyaan mengenai mereka dengan sopan. Banyak tersenyum dan jangan berpura-pura.

 

Cari Tahu Dengan Siapa Anda akan Bekerja Paling Banyak

Anda akan bertemu dengan banyak orang sepanjang hari Anda, cobalah untuk mencari tahu siapa yang akan menjadi partner kerja Anda di perusahaan ini. Lalu, cari waktu ekstra untuk mengenal orang-orang yang akan bekerja langsung bersama Anda. Dengan melakukan ini, Anda dapat meminimalisir kesalahpahaman di kemudian hari.

Apalagi jika kantor baru kamu menggunakan project management software digunakan oleh satu kesatuan tim, dimana Anda salah satu di dalamnya. Kalau dalam dunia real sudah saling mengenal, tentu akan lebih mudah menyelesaikan sebuah proyek bersama-sama dengan software tersebut.

 

Tetaplah Fokus

Di hari pertama Anda tidak diharapkan untuk menyelesaikan masalah perusahaan yang paling rumit, sebaliknya Anda hanya perlu fokus pada hal kecil. Mulailah ajukan pertanyaan mengenai produk, progress, hingga strategi ke depannya. Ingat, kesan pertama saat bekerja adalah hal yang akan menentukan Anda ke depannya, jadi cobalah untuk fokus dan juga mencatat seluruh informasi yang Anda dapatkan.

Memasuki kantor yang baru pada hari-hari pertama kerja mungkin memerlukan adaptasi yang ekstra keras untuk beberapa orang. Mau tidak mau, suka tidak suka, Anda harus menghadapinya. Hal termudah, jangan menganggapnya sebagai beban. Melainkan anggaplah itu sebuah kesempatan untuk meningkatkan diri. Tetap tenang, berpikiran terbuka, dekati rekan-rekan kerja dan lakukan pekerjaan dengan baik. Karir yang cemerlang datang kepada Anda.

 

Category: Artikel MenarikTags:
author