Inilah Penyebab Biduran Yang Sering Tidak Diketahui

0 59

Biduran adalah kondisi kulit yang terasa gatal dan memiliki bentol merah. Dalam dunia medis, biduran dikenal dengan istilah urtikaria. Penyakit ini biasa menyerang pada bagian kulit badan, wajah, kaki, lengan atau kulit tubuh lainya. Terkadang kita tidak menyadari sedang mengalami biduran. Tiba-tiba kulit terasa gatal dan muncul bintik-bintik merah. Lalu sebenarnya, apa hal yang menyebabkan biduran. Apakah penyebab pada semua orang sama. berikut ini beberapa penyebab biduran yang sering tidak diketahui banyak orang.

duran adalah
duran Anak

Alergi Makanan

Alergi makanan menjadi salah satu penyebab orang mengalami biduran. Misalnya konsumsi kerang, telur, buah beri, kacang tanah dan lainnya. bintik merah bisa muncul setelah seseorang konsumsi makanan atau minuman tersebut. Namun ada beberapa orang yang membutuhkan waktu lebih lama untuk melihat gejalanya muncul. Jadi tidak semua orang mengalami hal yang sama. biduran juga bisa disebabkan oleh beberapa bahan makanan. Bisa pengawet atau pewarna buatan. Jika anda merasakan alergi dengan makanan tertentu, lebih baik dihindari atau konsultasi ke dokter.

Udara Luar

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa udara luar bisa menyebabkan biduran. Udara luar termasuk angin kencang,suhu dingin atau sinar matahari. Menurut marilyn Li,MD. Ketika terkena biduran karena udara luar, bukan berarti anda alergi udara luar. Tapi karena kondisi kulit yang lebih sensitif. Sehingga mudah terkena reaksi akibat udara di luar ruangan. Jika hal ini terjadi, anda harus melakukan pencegahan. Misalnya dengan menggunakan jaket atau baju lengan panjang. Sehingga tidak terkena sinar matahari, udara atau angin kencang langsung.

Penyakit Tertentu

Biduran tidak hanya dikarenakan pemicu luar, dengan ciri bentol merah dan gatal. tapi biduran juga bisa menjadi tanda bahwa anda mengalami masalah kesehatan serius. Misalnya menderita penyakit Limfoma, lupus, hepatitis, penyakit tiroid, atau HIV. Semua penyakit tersebut memiliki gejala gatal mirip dengan biduran. Oleh karena itu anda harus bisa membedakannya. Gatal kemerahan karena tanda penyakit biasanya kondisi lebih parah. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang menurun dan menyerang jaringan tubuh sendiri. jika hal ini terjadi, lebih baik lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Keringat Berlebih

Pada sebagian orang bisa mengalami biduran karena keringat berlebih. Seharusnya keringat tidak menyebabkan gatal-gatal. saat tubuh berkeringat, berarti ada kenaikan tubuh yang terjadi. misalnya karena olahraga, suhu yang terlalu tinggi, mandi air panas dan lainnya. ketika berkeringat tubuh juga menghasilkan asetikolin. Senyawa kimia yang bisa menghambat pemecahan sel.  Senyawa ini bisa mengganggu perkembangan sel kulit dan memicu terjadinya ruam dan iritasi. Tapi tidak semua orang mengalami hal ini. jika anda mengalaminya, bisa mengatasinya sedini mungkin.

Stress

Menurut beberapa penelitian, stres bisa menjadi pemicu munculnya gatal dan bentol merah pada kulit. Saat stress berlebihan, sistem kekebalan tubuh menurun dan lebih rentan terjadi masalah kulit. Salah satunya mengalami biduran. Buat orang yang memiliki penyakit biduran, stress akan memicu kondisi yang semakin parah. Bahkan bisa mengakibatkan peradangan.

Dengan mengetahui penyebab biduran, anda bisa mengatasinya sedini mungkin. hindari hal-hal yang bisa menyebabkan biduran dan kondisinya semakin parah. Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter, sehingga bisa diberi obat yang tepat. kendalikan kondisi ini dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. Misalnya melakukan olahraga, meditasi, latihan pernapasan dan konsumsi makanan yang sehat, biduran adalah kondisi kulit gatal dan kemerahan tapi bisa ditangani dengan mudah,

Category: KesehatanTags:
author