Obat Pengencer Darah Tipe Antiplatelet dan Antikoagulan

0 226

Obat pengencer darah merupakan obat yang digunakan dalam mengencerkan darah serta mencegah terjadinya penggumpalan darah yang menyebabkan berbagai penyakit serius. Obat ini digunakan untuk alasan medis seperti gangguan irama jantung, fibrasi atrium, penyakit pembuluh darah, kelainan jantung bawah, darah kental dan orang setelah melakukan operasi. Obat ini terdiri atas antiplatelet dan antikoagulan yang disesuaikan dengan kondisi penderitanya.

Obat Pengencer Darah

Obat Pengencer Darah

Berikut adalah golongan antiplatelet untuk mengencerkan darah:

  • Aspirin merupakan obat penghilang rasa sakit untuk radang, demam dan sakit kepala yang menghambat pembentukan gumpalan darah sehingga akan mencegah terjadinya stroke dan mengurangi kemampuan tubuh dalam menghentikan perdarahan.
  • Clopidogrel merupakan obat untuk serangan jantung, penyakit sirkulasi darah dan stroke, mengobati sesak napas, angina tidak stabil dan mencegah terjadinya penyumbatan setelah melakukan prosedur untuk jantung dan menghambat pembekuan darah.
  • Dipyridamole untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah setelah melakukan operasi penggantian katup pada jantung, obat ini digabung penggunaannya dengan aspirin untuk mampu mengurangi resiko kematian ketika mengalami serangan jantung.
  • Ticlopidine merupakan obat untuk mencegah terjadinya stroke dan tidak digunakan bersamaan dengan aspiein, dan memerlukan waktu 30 hari setelah mengonsumsi ticopidine dan aspirin.
  • Prasugrel merupakan obat yang mencegah masalah pada jantung dan pembuluh darah, sebaiknya tidak menghentikan dosis tanpa dokter karena akan menyebabkan pembekuan darah dan resiko serangan jantung dan memberikan efek nyeri pada punggung, pusing, batuk.

Selain itu, terdapat eptifibatide yang mencegah serangan jantung untuk yang tidak memiliki angina stabil. Integrilin digunakan dalam mencegah terjadinya penggumpalan darah sebelum melakukan operasi dan melancarkan prosedur untuk memasukkan dan membuka arteri serta alat bedah. Ticagrelor merupakan obat untuk mencegah terjadinya komplikasi pada pembuluh darah dan jantung yang beresiko pada serangan nyeri dada dan jantung yang lebih para. Obat ini untuk pembuluh darah yang tersumbat pada orang yang memilih pin terpasang dan mengandung brilinta.

Terdapat juga antikoagulan warfarin untuk mengurangi terbentuknya bekuan darah dan mencegah terjadinya pembekuan pada arteri dan pembuluh darah. Enoxaparin merupakan obat yang diinjekasi dan membantu pencegahan pembekuan darah pada kaki pasien yang sedang bed rest atau mengalami operasi pada bagian perut dan digunakan bersama dengan warfarin. Heparin merupakan obat untuk mencegah komplikasi dan diberikan pada situasi darurat dalam waktu yang lama akan meningkatkan resiko osteoporosis dan sebaiknya mengganti warfaris dalam jangka panjang. Edoxaban merupakan obat untuk penyakit trombosis vena dalam dengan komplikasi emboli paru setelah diberikan obat untuk pengencer darah. Fondaparinux untuk mengatasi gumpalan darah pada paru-paru dan kaki yang disuntikkan satu kali dalam sehari.

Berikut adalah makanan yang dapat mengencerkan darah:

  • Kunyit dapat mengencerkan darah sebagai antikoagulan dan digunakan sebagai bumbu kari dan menghambat pembekuan darah.
  • Bawang putih sebagai antikoagulan yang memiliki aktifitas antitrombotik untuk mengurangi pembuluh darah dan mengencerkan darah dengan efek yang sebentar.
  • Nanas dengan kandungan bromelain untuk menghambat fibrin pada tubuh sebagai protein yang menyebabkan terjadinya penggumpalan darah.

Jika mengonsumsi obat pengencer darah maka jangan konsumsi diatas dosis yang telah ditentukan karena akan menyebabkan gangguan kesehatan. Pengguna juga harus menghindari aktifitas yang menyebabkan tubuh dapat terluka maupun berdarah. Jika terluka atau terbentuk maka segera periksakan untuk mengurangi perdarahan dan ganti alat pencukur dengan elektrik. Selain itu, gunakan sikat gigi dengan bulu yang halus, tidak menggunakan suplemen vitamin tanpa konsultasi dengan dokter dan hindari menggunakan obat untuk menghilangkan rasa sakit.

Category: KesehatanTags:
author